Penerimaan Mahasiswa KKN PPM UGM di Kecamatan Patuk Gunungkidul

administrator 11 Januari 2019 10:27:58 WIB

PATUK (26/12/2018) Penerimaan Mahasiswa KKN PPM UGM dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2018 pukul 9 pagi yang bertempat di Kantor Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Acara dimulai dengan sambutan dari M. Chrisna Satriagasa, S.Si.,M.Sc.,M.Ec.Dev selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang memaparkan maksud dan tujuan dilaksanakannya KKN PPM UGM. Beliau juga menyebutkan bahwa KKN PPM UGM periode 4 di Desa Pengkok ini dilaksanakan di tiga dusun, yaitu Dusun Panjatan, Dusun Kalinampu, dan Dusun Srumbung. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Patuk yaitu Bapak R. Haryo Ambar Suwardi, S.H, M.Si. Beliau memaparkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Pengkok.

Potensi yang ada di Desa Pengkok antara lain coklat, kopi, bambu, dan potensi wisata Gunung Ireng,  Coklat dan kopi dapat diolah sedemikian rupa menjadi bahan pangan maupun barang lain seperti pengharum mobil yang saat ini tengah diusahakan oleh Mahasiswa KKN PPM UGM. Sumber daya alam berupa bambu dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan yang banyak diminati oleh banyak orang. Potensi  wisata Gunung Ireng juga menjadi salah satu fokus program kerja Mahasiswa KKN PPM UGM saat ini agar kedepannya dapat lebih diketahui oleh masyarakat luar. Pengembangan wisata Gunung Ireng diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pengkok yang ikut serta dalam meningkatkan potensi wisata Gunung Ireng.

Selain banyaknya potensi yang dimiliki, Desa Pengkok juga memiliki masalah tersendiri. Salah satu permasalahan yang ada di Desa Pengkok adalah masalah rentenir. Camat Patuk R. Haryo Ambar Suwardi , S.H.,M.Si. menyampaikan bahwa masih perlu adanya himbauan terkait bahaya rentenir kepada masyarakat setempat. Himbauan mengenai rentenir dirasa perlu dilakukan mengingat rentenir mampu membahayakan kondisi perekonomian keluarga.

KKN PPM UGM Desa Pengkok yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2018 hingga 9 Februari 2019 diharapkan mampu menjadi media bagi mahasiswa untuk menyalurkan ilmu dan bakatnya kepada masyarakat luas khususnya Desa Pengkok. Selain itu, sesuai temanya yaitu “Pengembangan Potensi Desa”, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan dan mengembangkan secara optimal potensi-potensi yang ada di Desa Pengkok  

Acara penerimaan kemudian diakhiri dengan agenda foto bersama para mahasiswa dengan Bapak Camat di Kantor Kecamatan Patuk.

Komentar atas Penerimaan Mahasiswa KKN PPM UGM di Kecamatan Patuk Gunungkidul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pengkok

tampilkan dalam peta lebih besar